Sabtu, 13 Desember 2008

25 Perusahaan Rokok Belum Bercukai

MADIUN, RM. Menurut data di Bappeda bahwa di Kabupaten Madiun ada 25 perusahaan rokok yang belum memakai cukai. Dikarenakan perusahaan tersebut masih home industri yang belum mampu produksi rokok dengan skala besar. Walaupun demikian, sasaran pemasarannya ada diluar pulau jawa. Sampai sekarang dari sejumlah perusahaan rokok tersebut, masuk dalam pembinaan untuk peningkatan produksi.

Ini diungkapkan Bappeda pada wartawan dan juga mengenai bagi hasil cukai yang diterima Kabupaten Madiun. Pada 2008 ini, kabupaten ini menerima bagi hasil cukai sebesar Rp. 1,33 Miliar yang masuk dalam APBD. Dana sebesar itu diperuntukkan untuk beberapa hal yang melalui beberapa Satuan Kerja (Satker). Yang diantaranya Disperindag, Bappeda, Balitbang, Disbun,Dinkes dan Infokom.

Penggunaan diantaranya untuk sosialisasi bahaya merokok, masalah legalitas cukai dan pembinaan peningkatan produksi rokok lokal. Penerapan sosialisasi bahaya merokok ini diutamakan dengan sasaran para siswa SMP. "Karena diindikasi mulainya merokok dari setingkat siswa SMP. Dan sampai sekarang kita sudah melakukan sosialisasi dibeberapa sekolah," jelas Edy Bintarjo Kepala Bidang Ekonomi dari Bappeda Kabupaten Madiun.

Juga disampaikan Edy yang didampingi Tontro Pahlawanto Kepala Bidang Pendataan, tentang pentingnya untuk pengawasan peredaran rokok maupun cukai elegal yang bisa merugikan negara. Termasuk pembinaan petani tembakau untuk peningkatan kualitas tembakaunya serta juga telah dilakukannya pemetaan industri rokok.

"Karena ini hal baru, jadi masih banyak yang belum masuk dalam sasaran. Maka untuk tahun depan akan kita dibuat perencanaannya yang benar tepat sasaran," imbuh Edy. Termasuk diadakannya Poliklinik kesehatan dilingkungan industri rokok untuk melayani tenaga kerja yang kena dampak secara langsung dari produksi rokok. Pada intinya sosialisasi ini dilakukan untuk menekan konsumsi merokok, walau disisi lain daerah diuntungkan dengan adanya pembagian hasil cukai. [dio]

Tidak ada komentar:



INFO KERJA