Minggu, 14 Juni 2009

Pemkab Madiun Dinilai Kurang Greget

Terkait Pengembangan Kota Caruban

MADIUN. Dalam rapat paripurna DPRD Kabupaten Madiun pembahasan perubahan anggaran keuangan (PAK). Para wakil rakyat mendesak Pemkab Madiun untuk mempercepat pelaksanaan pengembangan Kota Caruban sebagai Ibukota Kabupaten. Dengan diawali penambahan sarana prasarana fisik maupun non fisik di Kota Caruban. Diantaranya pembangunan pasar caruban agar segera direalisasikan setelah pasca kebakaran beberapa tahun lalu.

Karena ini dianggap sebagai salah satu penunjang penataan kota caruban yang diproyeksikan sebagai Ibukota Kabupaten Madiun. Disamping itu, juga diharapkan dalam pembangunan pasar ini dapat melibatkan para pedagang pasar. Baik mengenai relokasi maupun revitalisasi sejak proses perencanaan sampai dengan pelaksanaannya.

Selain itu semua fraksi juga menyoroti dengan belum adanya kegiatan fisik pembangunan atau pemindahan perkantoran. Bahkan Pemkab Madiun dinilai masih belum ada greget ataupun tindakan nyata dalam pengupayakan pemindahan Ibukota Kabupaten ini. Sehingga pewujudan agenda ini hanya sekedar retorika tanpa ada keseriusan dalam pelaksanaan.

Karena hingga saat ini belum ada langkah-langkah yang riil diwilayah tersebut. Maka dalam penyusunan APBD 2010 nanti, Dewan akan memasukan agenda ini untuk dapat dilalukan pembahasan. Agar dalam pembangunan untuk pengembangan kota Caruban dapat segera terwujud.

Selain mengenai pembangunan Kota Caruban, dalam pembahasan PAK ini juga dipertanyakan beberapa hal. Diantaranya mekanisme ataupun penetapan besarnya perubahan anggaran yang sudah dijalankan dilingkup eksekutif. Dipertanyakan apa dasar pertimbangan yang digunakan untuk melakukan perubahan anggaran tersebut.

Disamping itu, dengan kenaikan gaji PNS sebesar 15 persen diharapkan tidak memangkas anggaran alokasi pos lain. Termasuk pos-pos yang bersentuhan langsung dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Juga diharapkan pada 2010, untuk sektor proyek fisik tidak ada pemangkasan anggaran. Sehingga proyek fisik tetap dapat berjalan dengan optimal. [dio]

Tidak ada komentar:



INFO KERJA