Minggu, 02 November 2008

Implementasi Reproduksi Remaja

Para peserta dengan seksama mendengarkan pemaparan dari narasumber


MADIUN, RM
Karyawati dilingkungan Pemkab Madiun bisa merasa lega, yang khususnya berusia 30 sampai 50 tahun. Karena pemkab setempat telah memberikan pelayanan secara gratis untuk pemeriksaan papsmear kepada 400 karyawati. Sedangkan tempat untuk pemeriksaan tersebut dilaksanakan di Rumah Sakit Darah (RSD) Kabupaten Madiun yang Lokasinya ada di Caruban.

Pelaksaan pemeriksaan papsmear secara gratis ini merupakan salah satu program proritas dari Kabupaten Madiun dan juga untuk menuju Indonesia sehat 2010. Seperti halnya yang disampaikan Direktur RSD Kabupaten Madiun Drs. Aries Nugroho, M.Kes “Bahwa pelaksanaan kegiatan Papsmear ini untuk mencapai Kabupaten Madiun sejahtera 2013,” jelasnya..

Untuk pelaksanaan ini telah melibatkan Dokter Spesialis Kandungan, Dokter Umum dan Bidan dari RSD setempat. Papsmear ini akan dilaksanakan selama 10 hari dan setelah pengambilan sample, hasilnya akan diberikan kepada sasaran dan direncanakan ditindaklanjuti dengan sosialisasi dan pengobatan apabila diperlukan. “Kegiata pemeriksaan papsmear ini bekerjasama dengan PT. Askes Cabang Madiun,” ujar Aries.

Pelaksaan kegiatan ini juga didukung TP PKK Kab. Madiun serperti yang disampaikan Wakil Ketua TP PKK Hj. Fatimah Sukiman. Bahwa kegiatan ini salah satu program pembangunan Kab. Madiun dalam bidang kesehatan dengan tujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. “Termasuk pegawai di lingkup Pemkab. Madiun. Juga perlu untuk diperhatikan,” papar Hj. Fatimah.

Juga disampaikan bahwa penyakit kanker masih menjadi penyebab kematian yang utama di Indonesia. Termasuk kanker payudara dan kanker leher rahim yang menyerang kaum perempuan. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang kanker, juga menyebabkan terjadinya keterlambatan dalam penemuan dan pengobatannya.

Sedangkan penyebab terjadinya kanker belum dapat diketahui dengan pasti. Namun demikian dampak dari kemajuan teknologi dapat disimpulkan timbulnya dari berbagai macam polusi. Juga prilaku yang menyimpang, pola makan dan lainnya ditengarai merupakan pemicu terjadinya kanker.

Diharapkan masyarakat harus waspada secara dini adanya kanker, tidak perlu ada rasa takut. Karena semakin dini ditemukan gejala, semakin besar angka keberhasilan dalam enyembuhan kanker, tambahnya Dan papsmear wajib dilakukan oleh perempuan usia subur secara teratur setahun sekali, untuk dapat mendeteksi adanya kanker leher rahim. [dio]

Tidak ada komentar:



INFO KERJA