Selasa, 19 Januari 2010

Perguruan Tinggi Sangat Berperan


SUMARDI


MADIUN. Dalam penyelenggaraan Unas 2010 ada sedikit perbedaan dari tahun sebelumnya. Karena Perguruan Tinggi (PT, red) sangat berperan sekali, mulai dari perencaan pembuatan soal, scanning dan pengoreksian. Karena permendiknas juga mengatur mengenai penggandaan soal unas dilakukan PT, terutama yang memiliki percetakan.

Perguruan Tinggi selain bertanggung jawab mengawal pelaksanaan unas, juga terhadap unas ulangan. Dalam pelaksanaan unas 2010, Depdiknas menggunakan prosedur operasional standar (POS). Yang mengatur terkait pelaksanaan unas, termasuk penyusunan naskah, percetakan soal, pendistribusian hingga pengamanan unas.

Di Kabupaten Madiun segala persiapan sudah dilakukan untuk menghadapi unas 2010. Selain bimbingan belajar, juga dilakukan try out penjajakan yang dilakukan berkali-kali. Karena dari hasil try out kurang memuaskan, maka Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun, menekankan pada sekolah untuk meningkatkan volume bimbingan dan tambahan pelajaran pada siswa.

“Karena try out ini dapat mengukur kemampuan dan kualitas siswa. Jika hasilnya belum maksimal, sebaiknya guru memberikan tambahan materi,” papar Sumardi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun. Agar nantinya para siswa, diharapkan benar-benar siap menghadapi ujian nasional.

Meskipun tidak menyebutkan angka prosentasinya, Sumardi berharap kelulusan nanti ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang mencapai lebih 95 persen. Dibuktikan dengan adanya grafik tingkat kelulusan dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan.

Detik-detik menentukan bagi para pelajar tingkat akhir di SD, SMP dan SMA makin dekat. Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) akhirnya mengumunkan jadwal pelaksanaan ujian nasional (unas) 2010. Untuk SMA/MA, SMALB dan SMK, ujian utama dijadwalkan berlangsung pada 22-26 Maret 2010, jadwal ujian susulan 29 Maret hingga 5 April 2010. Sedangkan ujian ulang untuk siswa yang tidak lulus unas dijadwalkan pada 10-14 Mei 2010.

Pelajar SMP/MTs dan SMPLB bakal menempuh unas utama pada 29 Maret hingga 1 April 2010. Unas susulan dijadwalkan 5-8 April 2010, sedang unas ulang untuk siswa SMP sederajat akan dihelat 17-20 Mei 2010. Bagi siswa SD/MI dan SDLB, UAS akan berlangsung pada 4-6 Mei 2010, sedangkan ujian susulan pada 10-12 Mei 2010. [dio]

Tidak ada komentar:



INFO KERJA