Jumat, 05 Maret 2010

RATUSAN RUANG SEKOLAH RUSAK

MADIUN. Di Kabupaten Madiun masih ada ratusan ruang kelas Sekolah Dasar (SD) rusak yang pelu direnovasi dan diperbaiki. Sesuai data dari Dinas Pendidikan, masih ada 274 ruang rusak berat dan 273 rusak ringan yang tersebar di 136 lembaga. Kerusakan ruang ini mecapai 20 persen dari total 2.712 ruang sekolah yang ada.

Sedangkan untuk program sharing dalam DAK yang dimulai 2003 sudah selesaipada 2008 lalu. Sehingga untuk untuk perbaikan ruang tersebut, Komisi D DPRD Kabupaten Madiun bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun melakukan konsultasi (17/2) dengan Departemen Pendidikan Nasional.

Seperti yang disampaikan Sugito Ketua Komisi D, dengan berakhirnya pelaksanaan DAK 2008. Maka oleh Depdiknas diasumsikan untuk fisik dianggap sudah selesai. “Untuk itu kita melakukan konsultasi dalam menyelesaikan permasalahan ini,” jelas Sugito seusai pulang dari Jakarta.

Hasilnya, ada kesanggupan dari Depdiknas untuk menyelesaikan perbaikan sebagian ruangan yang rusak berat pada 2011 nanti. “Memang belum ada kepastian, tetapi minimal ada kesanggupan seperti yang disampaikan Dirjen Pembinaan TK/SD,” tegasnya.

Juga disampaikan, Depdiknas meminta Dinas Pendidikan untuk menyiapkan data yang konkrit sekaligus berkala per tahun agar dapat termonitor jumlah kerusakannnya. Bahkan harus dicantumkan nama dan alamat sekolah yang bersangkutan.

Pandji Suwarno Kabid TK/SD Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun menjelaskan, masih adanya kerusakan ruang karena tidak terakomodasi dalam DAK tahun lalu. Walaupun demikian, kerusakan ruang ini tidak sampai menggangu proses belajar mengajar, jelasnya. [dio]

Tidak ada komentar:



INFO KERJA